Tinggalkan komentar

Sudahkah Anda Bahagia?

Tidak seperti biasanya, hari itu Satwika pulang ke rumah agak malam. Setelah turun dari angkot dia masih memerlukan jalan kaki kurang lebih tiga ratus meter agar sampai di rumahnya. Di sepanjang jalan dia melihat rumah-rumah pada gelap, sementara lampu penerangan jalan masih memancarkan sinarnya. Kira-kira seratus meter menjelang rumahnya, dia melihat salah seorang tetangganya sedang membungkuk di pinggir jalan sambil mencari-cari sesuatu. Sepertinya ada sesuatu yang hilang.

Tanpa menanyakan lebih lanjut, Satwika ikut nimbrung mengais-ngais rumput yang tumbuh di pinggir jalan. Setelah sekian lama ikut mencari-cari, timbul rasa panasaran Satwika. “Bapak kehilangan apa?”, tanyanya. “Saya sedang mencari-cari kunci sepeda motor saya”, jawab orang tua itu. Mendengar jawaban itu Satwika semakin semangat untuk membantu mencari-carinya. Areal pencarian dilakukan hingga ke got yang ada di pinggir jalan. Setelah sekitar satu jam mencari-cari, Satwika kelelahan juga membantu. Kunci itu belum jua ditemukan.

“Coba Bapak ingat-ingat kembali, kira-kira di mana hilangnya?” selidik Satwika penuh penasaran. Dengan entengnya Pak Burhan menjawab: “Tadi sih hilangnya di dalam rumah. Berhubung di dalam rumah gelap dan di tempat ini terang oleh lampu penerangan jalan, maka saya mencarinya di luar sini.”

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari,  kita sering melakukan hal-hal yang serupa yang dilakukan Pak Burhan pada cerita singkat di atas. Salah satu contohnya adalah dalam upaya mencari kebahagiaan. Kita sering berusaha mencari-cari kebahagiaan di luar diri kita. Kita sering meletakkan kebahagiaan itu sangat jauh di luar diri kita. Kita memberikan persyaratan yang terlalu tinggi untuk menjadi bahagia. Padahal, sejatinya kebahagiaan itu sumbernya di dalam diri, bukan di luar.

Kita sebenarnya bisa bahagia dalam kondisi apapun karena bahagia adalah pilihan hidup. Khabar baiknya adalah kita punya kebebasan 100% untuk memilih. Oleh karena itu, pilihlah untuk bahagia.

Sudahkah Anda memilih untuk bahagia hari ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: