Tinggalkan komentar

Selamat Buat Menteri Keuangan Baru

Menurut rencana, pada pukul 19.30 malam ini Presiden SBY akan mengumumkan nama Menteri Keuangan baru sebagai pengganti Sri Mulyani Indrawati yang sebentar lagi akan mengemban tugas baru sebagai Managing Director Bank Dunia. Walaupun pemilihan dan penetapan seorang menteri adalah hak prerogatif presiden, namun di masyarakat telah beredar beberapa nama sebagai calon kuat pucuk pimpinan di kementerian yang membawahi lebih dari 60.000 orang pegawai itu.  Beberapa diantaranya adalah Agus Martowardoyo, Anggito Abimanyu, Armida Alisjahbana, dan Ani Ratnawati. Dari nama-nama yang beredar itu, entah kebetulan atau disengaja, semuanya berinisial huruf A. Adakah makna khusus dari inisial A itu?

Dalam tataran huruf latin, huruf A merupakan huruf yang pertama. Artinya, sewaktu kita akan menyebutkan seluruh huruf yang ada, maka huruf A adalah huruf pertama yang kita sebutkan. Huruf A merupakan huruf spesial. Huruf yang akan diikuti oleh huruf-huruf lainnya. Huruf A merupakan huruf pelopor.

Jika hal ini dikaitkan dengan reformasi birokrasi, maka Kementerian Keuanganlah yang merupakan pelopor reformasi birokrasi di negeri ini.   Pada tahun 2002 dengan dipelopori oleh Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan mulai melakukan perubahan total dalam pelayanan kepada masyarakat. Pada tahun itu dibentuklah dua buah Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar (LTO = Large Taxation Office), serta satu Kantor Wilayah Modern yang membawahi kedua kantor modern itu. Kemudian diikuti oleh pembentukan Kantor Pelayanan Pajak Madya dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama hingga akhirnya seluruh kantor pajak direforamsi total.

Seiring reformasi yang berlangsung di DJP, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga mulai dibenahi. kemudian menyusul unit-unit eselon satu lainnya, sehingga seluruh Kementerian Keuangan menjalankan reformasi birokrasi. Langkah ini kemudian diikuti oleh beberapa kementerian dan lembaga lainnya.

Siapapun yang akan menjadi pengganti Sri Mulyani, semua masyarakat berharap penggantinya nanti akan meneruskan semangat reformasi yang telah digagas dengan teramat cerdas itu. Walaupun belum diumumkan, maka melalui tulisan ini, saya mengucapkan selamat kepada Menteri Keuangan yang baru. Selamat bertugas. Semoga dapat menjalankan tugas dengan lebih baik, lebih hebat, lebih sukses, dan dapat membawa bangsa ini menuju masyarakat yang makmur berkelimpahan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: