3 Komentar

Mengendalikan Pikiran: Mungkinkah?

Dalam sehari pikiran yang berkecamuk di otak manusia kurang lebih 60.000. Wah, banyak sekali ya. Jumlah sebanyak itu bercampur baur antara pikiran-pikiran positif dan pikiran-pikiran negatif. Apa mungkin kita bisa mengendalikan pikiran yang jumlahnya berjibum itu dalam kehidupan sehari-hari?

Beberapa di antara kita mungkin sudah pernah mencoba untuk mengendalikan pikiran. Hasilnya? Semakin kita berusaha mengendalikan, semakin liar pikiran-pikiran itu.

Pikiran memang dahsyat, bisa ke mana-mana dalam hitungan detik. Saat raga kita berada di suatu tempat, misalnya di kantor, belum tentu pikiran akan adem ayem menyertai kita di kantor terus menerus. Kadang pikrian akan melesat ke rumah, kadang juga bisa meluncur ke Bali, dan juga bisa ke tempat-tempat lain. Hal ini berarti pikrian tidak bisa kita kendalikan.

Walau ternyata pikiran tidak bisa dikendalikan, jangan pesimis dulu. Pikiran masih bisa diarahkan. Caranya? Kita mesti sering-sering melatihnya.

Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana untuk mengarahkan pikiran yang seabrek itu adalah dengan berlatih menghitung mundur dan dilakukan di dalam hati. Misalnya dari angka 100. Kita hitung mundur hingga 0 (nol). Kita lakukan sambil mata terpejam dan duduk dengan rileks.

Saat pertama kali mencoba, mungkin hitungan kita tidak lancar dari angka seratus hingga angka nol. Kadang saat pertengan, pikiran akan tergoda untuk memikirkan hal lain, sehingga terlena dan lupa angka berapa semestinya yang kita hitung. Tenang dan tidak usah gusar. Saya pun awalnya demikian. Akan tetapi, yakinlah. Jika Anda rajin berlatih, lama kelamaan akan terbiasa.

Latihan menghitung angka mundur ini akan bermanfaat bagi kita. Apa manfaatnya? Silakan dicoba dulu. Nanti kita diskusikan.

3 comments on “Mengendalikan Pikiran: Mungkinkah?

  1. saya sangat tertarik akan tetapi saya belum mengerti manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: