6 Komentar

Kebiasaan Menunda Pekerjaan dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda menunda-nunda pekerjaan? Sebelum Anda menjawabnya, saya akan jawab terlebih dahulu bahwa ‘saya sering meakukannya’. Sampai saat ini saya masih mempunyai kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan. Sebenarnya saya ingin segera bisa mengatasi kebiasaan buruk ini.

Malam ini kebetulan saya baca dari bukunya Brian Tracy (Million Dollar Habits) tentang cara mengatasi kebiasaan menunda. Di samping mungkin akan sangat berguna bagi Anda, bagi saya sendiri tentnya akan sangat bermanfaat untuk bisa mengatasi kebiasaan menunda yang selama ini menjangkiti saya.

Ada tujuh langkah untuk mengatasi penundaan ini, yaitu:

Pertama, buatlah keputusan untuk segera memulai tugas penting Anda setiap hari. Anda harus memutuskan untuk memulainya. Kalau tidak, berarti Anda akan menundanya lagi.

Kedua, jangan biarkan adanya pengecualian sampai kebiasaan ini benar-benar melekat dengan kuat. Jangan membuat alasan atau merasionalkannya. Jangan biarkan diri Anda lepas dari ikatan.

Ketiga, ceritakan pada orang lain bahwa Anda tidak akan menunda pekerjaan lagi. Adalah mengagumkan melihat Anda menjadi disiplin dan tekun ketika Anda tahu bahwa orang lain meperhatikan Anda untuk melihat apakah Anda memiliki keauan kuat untuk berubah.

Keempat, visualisasikan dan bayangkan diri Anda sendiri segera memulai tugas dan pekerjaan dan tidak berhenti sampai pekerjaan tersebut benar-benar selesai.

Kelima, buatlah afirmasi secara berulang beberapa kali, “saya mulai dan mengerjakan tugas penting saya sesegera mungkin.”

Keenam, disiplinkan diri Anda untuk tetap melakukannya setiap hari sampai hal itu menjadi otomatis bagi Anda untuk segera memulai tugas terpenting Anda.

Ketujuh, berikan hadiah dan penghargaan kepada diri Anda sendiri setiap kali Anda berhasil mengatasi penundaan dan menyelesaikan pekerjaan penting Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam superdahsyat,

INW

6 comments on “Kebiasaan Menunda Pekerjaan dan Cara Mengatasinya

  1. kebiasaan menunda nunda itu emang ga baik yah. musti di pelajarin nih bgimana bagusnya supaya guwe ga nundanunda lagi dah…😀

  2. Selamat pagi pak nyoman. nama sy bramantya saputro, maba stan 2008, d3 adm pajak. suka bloging jg. kalo sempet main ke blog saya ya pak. mohon bimbingannya

  3. mantap pak sarannya…
    thanks…

  4. Pak, tulisan yang bagus ini saya share ya Pak ?
    AMS/91

  5. pak, saya repost ya postingannya. saya cantumkan resource nya. terimakasih

Tinggalkan Balasan

