2 Komentar

Selamat Ujian!

Tulisan ini khusus buat mahasiswa STAN Kelas II R dan II S Administrasi Perpajakan.

Saya minta maaf karena saya tidak bisa datang ke kampus pada kuliah terakhir kita. Saya hanya bisa memberikan materi kuliah tentang Wakil dan Kuasa Wajib Pajak lewat blog ini. Karena saat ini Anda semua sedang ujian, saya ucapkan Selamat Ujian! Saya yakin Anda sudah mempunyai keyakinan bahwa Anda bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Yang penting Anda sudah berusaha maksimal, masalah hasil…, asal Anda yakin, percayalah…akan bagus.

Karena kuliah terakhir tidak bisa ketemu langsung, lewat blog ini saya berpesan agar apa yang telah kita bahas, baik di kelas, maupun lewat blog ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus belajar dengan semangat tinggi. Sekali lagi, jangan menghandalkan 100% ilmu dari dosen, tetapi jadikanlah apa yang didapat dari dosen untuk memotivasi Anda belajar lebih banyak lagi tentang mata kuliah tersebut, baik itu dari buku-buku, diskusi, maupun dari internet, atau sumber-sumber lainnya. Khusus untuk mata kuliah KUP, yang sudah kita bahas baru dasar-dasarnya saja. Tugas Anda nanti untuk lebih mendalaminya lagi, terutama kalau Anda sudah kerja nantinya. Demikian juga untuk mata kuliah yang lain. Anda harus tetap semangat dalam belajar, antusias di kelas, dan berusaha mendalaminya dengan mencari pada sumber-sumber lain, selain yang diberikan dosen. Saya yakin, Anda bisa melakukannya karena mindset Anda sudah berubah, standar diri sudah naik, dan semangat belajar tetap tinggi.

Saya yakin, perubahan yang sudah terjadi pada Anda akan terbawa pada saat Anda terjun ke dunia kerja nantinya. Anda akan berusaha mengharmoniskan antara misi pribadi dan misi institusi Anda. Kalau ini sudah harmonis, Anda akan semangat bekerja dan penuh dedikasi. Ingatlah nanti untuk senantiasa bekerja dengan tulus ikhlas, jangan terikat sama hasil, tetapi berfokuslah pada proses bekerja itu sendiri. Hukum Kekekalan Energi mengatakan bahwa energi tidak bisa dimusnahkan, hanya bisa berubah bentuk. Artinya, energi yang sudah Anda berikan pada saat bekerja dengan ikhlas tidak akan sia-sia (hilang), tetapi hanya berubah wujud/bentuk dan akan kembali ke Anda dalam bentuk yang lain.

Akhirnya, selamat berpisah dalam mata kuliah KUP ini. Dengan keikhlasan masing-masing kita sudah saling memaafkan atas kesalahan yang pernah bersama-sama kita lakukan. Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi Anda selama kuliah, kritik dan saran Anda, serta lainnya yang tentunya menginspirasi saya untuk terus tumbuh dan belajar, memperbaiki diri menuju yang lebih baik. Walaupun secara formal kita berpisah karena berakhirnya semester, saya yakin kita masih bisa terus saling berkomunikasi, minimal lewat blog oini.

Semoga tambah sukses, tambah bahagia, dan tambah kaya.  

2 comments on “Selamat Ujian!

  1. Sama-sama pak, kami mita maaf juga kalau ada kesalahan. Terimakasih atas materi tambahannya pak, tapi sayang tidak keluar di ujian. yang keluar malah kebanyakan perihal pidana perpajakan. Sekali lagi maaf pak. Ditunggu tulisan-tulisan terbarunya.

  2. Om Swastyastu..terima kasih atas bimbingannya selama ini pak..saya juga meminta maaf bila ada kesalahan…sermoga kita bisa berjumpa lagi di lain kesempatan..Sukses selalu…

Tinggalkan Balasan

