41 Komentar

Mengapa Mesti Sulit Menentukan Topik/Masalah?

Tulisan ini khusus ditujukan bagi mahasiswa STIETN Program Studi D 3 Akuntansi Konsentrasi Akuntansi Perpajakan.

Setelah sekian kali kita membahasnya di kelas, sudah nampak Anda mulai memahami bagaimana menentukan topik/masalah, bahkan judul-judul yang dikemukakan pun sudah mulai bagus, terutama bagi Anda yang ikut kuliah KUJAJAL pada Sabtu lalu. Pada tulisan ini, saya akan ulangi lagi bagaimana cara menentukan judul/topik yang bagus untuk dijadikan bahan TA.

Pertama-tama Anda ingat-ingat kembali mata kuliah yang sudah pernah di dapat dan pokok bahasan apa yang masih membuat Anda penasaran dan timbul hasrat ingin tahu lebih banyak lagi.  Mata kuliah yang diperkenankan sebagai bidang pokok bahasan dalam TA nanti adalah Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Sistem Akuntansi, Auditing, Analisa Laporan Keuangan, Manajemen Keuangan, dan Perpajakan. Khusus untuk Perpajakan, Anda mesti ingat mata kuliah apa saja yang sudah pernah diperoleh, misalnya Pajak Penghasilan, PPN, PPnBM, Bea Meterai, PBB&BPHTB, dan KUP. Bila mengingat saja belum cukup menginspirasi, Anda mesti baca-baca lagi.  Setelah ketemu, maka Anda hubungkan dengan praktek di lapangan. Ingat, dalam membuat TA, Anda tidak diperkenankan hanya melakukan studi pustaka karena studi pustaka hanya diperkenankan untuk S1 ke atas, sementara untuk D3 harus studi lapangan. 

Di samping pokok bahasan yang masih membuat Anda penasaran, juga bisa diidentifikasikan mata kuliah yang Anda senangi dan cari pokok bahasan yang Anda kuasai. Salah satu syarat pemilihan topik/masalah untuk diteliti adalah Anda mempunyai pengetahuan yang memadai tentang masalah tersebut (dalam jangkauan pemikiran Anda). Dengan kata lain, Anda menguasai landasan teorinya. Jangan sampai Anda memilih topik yang tidak berhubungan dengan mata kuliah yang didapat di Program Studi D3. 

Salah satu tujuan dari TA ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui aplikasi di lapangan dari sebuah pokok bahasan/mata kuliah yang telah dibahas di kelas. Jika pada UTS lalu, banyak di antara Anda yang mengajukan topik modernisasi perpajakan, Anda akan kesulitan pada saat menulis landasan teorinya karena tidak ada mata kuliah sebelumnya yang membahas masalah itu.

Untuk lebih jelasnya, saya sampaikan contoh-contoh berikut:

Akuntansi Keuangan. Jika pada saat membahas Aktiva Tetap, Anda merasa masih penasaran, maka Anda bisa mengambil topik ini sebagai TA dengan judul yang menarik : “Pemilihan Metode Penyusutan Aktiva Tetap dan Dampaknya terhadap Pelaporan Laba pada PT XYZ”. Contoh yang lain: “Pemilihan Metode Penilaian Persediaan dan Dampaknya terhadap Pelaporan Laba pada PT ABC”. “Penerapan Metode Persediaan Eceran pada Alfa Supermarket Ciganjur”.

Perpajakan. Banyak sekali topik/masalah yang bisa Anda jadikan TA. Anda bisa mulai dengan per jenis pajak, kemudian Anda kaitkan dengan bagaimana WP melaksanakan kewajibannya.  Misalnya: “Perhitungan dan Pelaporan Kewajiban PPh Pasal 23 pada PT ABC”. “Perhitungan dan Pelaporan Kewajiban PPh Pasal 21 pada PT XYZ”. “Aspek Perpajakan Transaksi Sewa Guna Usaha. Studi Kasus pada PT ABC”. “Perhitungan dan Pelaporan Angsuran PPh Pasal 25 pada Wajib Pajak Perbankan. Studi Kasus pada PT XYZ”. “Bagaimana PT ABC Menghitung dan Melaporkan Kewajiban PPN?”. Apabila Anda akan melakukan studi di tempat kerja (KPP/Kanwil/KPDJP), fokus Anda adalah pada mata kuliah KUP. Contoh-contohnya: “Tata Cara dan Proses Pendaftaran NPWP di KPP A”. “Proses Pengajuan dan Penanganan Keberatan di Kanwil B”. “Pengelolaan Piutang Pajak pada KPP C”. “Proses Penagihan Pajak di KPP X”. “Tata Cara dan Proses Penghapusan NPWP di KPP A”. Jadi, untuk bidang Perpajakan, Anda bisa menelitinya dari sudut Wajib Pajak/Perusahaan atau dari sudut Kantor Pajak (KPP/Kanwil/KPDJP). 

Sistem Akuntansi. Contohnya: “Sistem Penjualan dan Penagihan Piutang Dagang pada PT ABC”. “Sistem Pembelian dan Pembayaran Utang Dagang pada PT XYZ”.

Manajemen Keuangan. Contohnya: “Perencanaan Pajak yang Baik dan Dampaknya terhadap Pengelolaan Modal Kerja pada PT X”.  

Sekali lagi, Anda mesti membaca kembali mata kuliah-mata kuliah yang sudah Anda dapatkan agar Anda terinspirasi untuk memilih topik/masalah yang akan dijadikan TA.        

41 comments on “Mengapa Mesti Sulit Menentukan Topik/Masalah?

  1. makasih banyak buat beberap contoh tugas akhir,saya berharap banyak untuk bimbingan atas penyusunan tugas akhir dan judul tugas yang tepat dari program d3 akuntansi.

  2. tolong dong dalam hal ini saya kurang begitu mengerti karena ini adalah pengalaman pertama saya mengerjakan tugas akhir maka itu saya butuh judul akuntansi buat coper tolong bales

  3. Ass.., boleh ngak minta tolong cariin kumpulan jurnal pajak. atau skripsi

  4. Saya punya saran buat yulfita, karena Anda baru mulai akan menyusun, sebaiknya perhatikan 2 hal sebelum menentukan judul , 1. Apa yang anda kuasai dari Mt kuliah yang pernah anda dapatkan krn akan mendukung kualitas penysunan TA Anda , 2. cari masalah yang tepat untuk penelitian Anda (dibahas pada pertemuan kuliah ke II) dan 3. baru rencanaka judul yang tepat, atau konsultasikan kpd dosen metopen atau dosen mata kuliah yg anda kuasai

  5. Bapak I nyoman widia. Saya adalah mahasiswa s1 yg saat ini sedang menyusun skripsi dgn judul ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI. Kiranya bapak berkenan mencarikan jurnal ataupun dimana saya dapat memperoleh informasi tambahan. Bapak bisa menghubungi di alamat email saya. Terima kasih.

  6. Bapak I Nyoman, saya mahasiswa akuntansi di sebuah PTS. Bisakah saya minta tolong kepada Bapak untuk dapat mencarikan saya jurnal tentang akuntansi manajemen??? Terima kasih atas bantuannya…

  7. Pak, apakah boleh meneliti Bendaharawan KPP sendiri? pada judul dicantumkan nama KPP? apakah harus ijin dari Kakap?

  8. pak nama saya Husna efsana,,,mahasiswa DIII ekonomi unpad (akuntansi ).saya lagi kebingunan mencari judul buat TA saya.Saya rencananya mau ngambil tema tentang persediaan.mohon bantuannya pak.kira2 judulnya apa ya..

  9. Bapak,saya mahasiswa D3 Akuntansi dan saat ini mau nyusun TA tapi binggung judulnya apa. pengennya akuntansi keuangan,judul yang bagus kira-kira apa ya pak? makasih sebelumnya pak

  10. Emm….Saya mahasiswi D3,saat ini saya sedang proses pembuatan T.A tapi saya bingung judul apa yang pas saya gunakan dalam T.A ini,yaah.saya sih pengennya judulnya mengenai akuntansi Biaya,kalo bapak punya ide tolong dong ksi saya masukan untuk judulnya????????Trims

  11. pak,,saya mahasiswa D3 jurusan perpajakan.. saat ini saya sedang mempersiapkan judul untuk TA saya..saya jg sedang melakukan PKL di KPP,,menurut bapak judul apa yang baik untuk saya???mohon bantuannya!!

  12. pak tolong saya mau minta bantuan sekali….saya sedang akan menyusun tugas akhir…saya kuliah jurusan keuangan perbankan.saya mau minta bantuan tentang judul yang brkaitan dengan perbankan.saya ingin judulnya yang beda dengan yang lainnya yang sedikit menantang….dan lampirkan juga utline agar saya mudahmencari data2nya……tolong yagh pak….terima kasih banyak

  13. Om Swastyastu
    pak ny0man tiang pande, sekarang tiang mau nyusun skripsi dan tiang tertarik masalah sunset policy tapi tiang bingung menentukan judul yang tepat yang berkaitan dengan sunset policy, bisa minta bantuan pak nyoman memberikan ide judul mengenai sunset policy, tiang sampun madue judul mengenai sunset policy tapi sifatnya deskriptif dan tiang mau nyari yang asosiatif soalnya skripsi deskriptif sulit di acc oleh ketua jurusan tiang, balas via email pak nggih..
    kalo ten wenten judul yang berkaitan dengan sunpol, ya sane berhubungan sareng PAJAK juga ten kenapi pak

    suksma

    Om Santih Santih Santih Om

  14. mlem pak
    saya D3 akunt,
    sy bgung
    sekarg saya magang d konsultant pajak,
    nah saya mw ambil TA bag ak.keu
    saya bingung mw ambil judul ap..
    tlong y pak,,,
    makash

  15. Asw..
    Saya binggung ne bwt judul TA..
    saya kuliah di DIII Manejemen Perbankan dan saya sekarang lagi OJt disalah satu BUMN..
    tapi sampai sekarang belun da judul pas…
    Duhhhh jg bingung…
    tlong bantuin ya cari judul yang pas dan konsep penlisan yang akan di bahas gimana….
    tolong di kirim ke email saya ya…
    terima kasih

    wassalam

  16. Slamat Siang, pak…
    Saat ini sy sedang bingung tentang materi apa yang akan sy ambil untuk dijadikan bahan TA. Sy DIII Komp Akun…
    Sy ingin mengambil tentang pemberlakuan BPHTB dengan judul PEMBERLAKUAN BPHTB UNTUK WARGA PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BINTAN.
    Apakah judul tsb sesuai dengan kemampuan otak sy yang pas2an?
    Mohon bantuannya…. Terima kasih.

  17. maleeemmm pakkk!!!
    saya sangat bingung mengenai hal ini… dan ituu,,

  18. slamatt malaaammm paakk!!!!!!
    saya jurusan akuntansi dan akan mengerjakan tugas akhir mengenai penagihaann piutanggg…

    saya tolong dibantu ya paakkk mengenai pemilihan judulll…

  19. Malam Pak..saya marisa D3 Komputerisasi Akuntansi saya akan mengerjakan TA mengenai penggajian kira – kira judul apa yang cocok saya buat ya pak..TQ

  20. malam pak..
    saya mahasiswa S1 akuntansi konsentrasi auditing..
    saya ingin menyusun skripsi..tapi setahu saya skripsi yg berhubungan dengan auditing biasanya harus menggunakan kuisioner..saya ingin minta pendapat bapak…kira2 judul apa yang harus saya ambil..tetapi tidak menggunakan kuisioner..dan dgn waktu penyusunan skripsi yang cepat..dan juga mudah mencari referensinya..mohon bantuannya..trimakasih…

  21. siang saya anak kediri yang kebingungan menentukan judul ta apa lagi isi nya apa yang harus saya lakukan

  22. Om Swastyastu
    Pak Nyoman, saya butuh bantuannya pak saya jrsan akuntansi D3 . saya lagi magang di perushaan X.. saya magang ini menangani soal piutang..jadi kyk nagih piutang klo uda lbh dr masa periode di tagih… mknya itu saya bingung kira2 judul apa yg pntas utk TA saya???

    mksh ya pak sblmnya…

    saya tnggu balasannya pak

    Om Santih Santih Santih Om

  23. slmt sore pak,saya mahasiswi d3 komputerisasi akuntansi,,saya sedang magang di salah satu perusahaan minyak,saya ingin mengambil judul tentang persediaan,tapi pak kendalanya saya kurang mengerti lebih spesifiknya seperti apa?saya harap bpk bisa membantu memilihkan judul yg lbh spesifik,trima kasih.

  24. tolong dong pak beri saya referensi tentang TA perpajakan tentang masalah dlm pajak,apa aja…
    makasih..
    saya tunggu blsan’y ya…

  25. Pgi pa mohon bantuan’y sy bnr2 ksulitan untk membuat konsep dan t4 obserpasi..

  26. permisi…

    menurut kalian semua yang cocok untuk TA saya dengan PKL di Bank Indonesia apah yah???

    thx..
    mohon bantuannya. 🙂

    • wah..lo nie sulit bnget!!!!!!!
      soalx BI jehh..hehehe
      o y,gmn lo “Tinjauan atas Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit pada BI”..Sory y lo jelek,,soalx q jg mw TA tentang
      “analisis biaya,volume & laba”..Q bntu jg y??hehehe

  27. Pak terimakasih atas bantuan pencerahannya

  28. selamat pagi pak, saya ticka dr d3 keuangan dan perbankan,, saya ingin membuat tugas akhir,, saya sdg magang di PT yang bergerak di bidang listrik,, saya sedang bingung memilih judul untuk tugas akhir saya,, mohon bapak besedia mambantu, trimakasih,,

    • mlemm tic,,pnymu dah dblaz pa lom??
      lo masalah keuangan perusahaan gmn lo judulnya”SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT X”??
      hehehehe..cuman saran!!
      sory y lo jdlnya jelek

  29. selamat mlem pak,,pak saya mo tnya tntang judul TA yg akan saya pilih yaitu analisis biaya,volume & laba..apakah dalam analisis ini,biaya atau volume penjualannya harus terperinci dari bulan januari ampek desember atau hanya melihat laporan L/R saja(biaya atau hasil penjualannya secara keseluruhan dlm 1 tahun)??

  30. hhmm…
    saya bingung mw bikin judul apa…
    soal’y saya g ngerti cara pembuatan dan mencari judul TA yg Pas dengan Jurusan akuntansi D3,,
    yang sesuai dgn kerja praktek saya d departemen perindustrian.
    tolong balas ke email..
    terima kasih.

  31. mksh ya pak,,,,
    atas sarannya….

  32. mf pak, sy mau mnta tolong ni
    sy bingung mau ajukan judul apa..waktu nya cma 3 hri untuk ajukan judul dan minimal 3 judul yang di minta
    bapak bisa bantu saya nyari judul gak pak??
    saya mahasiswi politeknik jurusan TN prodi keuangan & perbankan..
    Trim’s

  33. pak, saya ingin menanyakan masalah judul TA, apa judul TA yang bagus untuk Akuntansi keuangan dan akuntansi sektor publik?
    terima kasih sebelumnya Pak,,

  34. Akutansi perkantoran apa ada hubungannya dg RS khususnya unit gizi.

  35. Selamat malam pak,,
    sy mery dari D3 perpajakn,, untuk T.A, sy ingin mengangkat materi tentang PPh badan
    akan tetapi sy bingung dalam pembuatan judulnya seperti apa…
    mohon kiranya Bpk memberikan komentar
    trmksi

  36. pak, saya kurang paham dalam penyusunan tugas akhir ,tatacaranya, dan kalau boleh saya tahu pak ada berapa metode dalam penyusunan tugas akhir pak?
    mohon bantuannya pak

  37. Pagi, saya mahasiswa d3 akuntansi konsentrasi akuntansi sektor publik. Minta tolong kasih judul saya buat tugas akhir dong pak makasi pak

  38. tolong dong bantu, saya lg magang di kantor badan pusat statistik, saya mahasiswa d3 akuntansi, kira kira judul apa yg bgs?

  39. selamat pagi ..saya dari D3 Perbankan syariah, pak minta sarannya dong saya bingung akan mengajukan judul tugas akhir yang seperti apa.. minta rekomendasi dari bapak kira-kira yang bagus apa ya pak, maaf pak sebelumnya.. terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

