6 Komentar

Perlukah PPn.BM atas Kendaraan Bermotor dinaikkan?

Bumi makin panas. Jalanan di Jakarta kian sesak. Polusi di jalanan terjadi sepanjang hari. Salah satu kontributor semua ini adalah kendaraan bermotor.  Lantas apa yang bisa dilakukan Pemerintah untuk ( minimal)  menghambat pemanasan global (global warming) ini?

Pemerintah, selaku pemegang kebijakan fiskal, dapat menaikkan PPn.BM atas kendaraan bermotor yang mengkonsumsi bahan bakar, terutama bahan bakar yang tidak ramah lingkungan. Sebaliknya, Pemerintah mesti menurunkan (bahkan menghapus) PPn.BM atas kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar ramah lingkungan.

Mari kita ramai-ramai mengusulkan kepada Pemerintah agar menerapkan tarif PPn.BM yang tinggi atas kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar tidak ramah lingkungan, sedangkan untuk kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar ramah lingkungan, kita usulkan agar PPn.BM-nya dihapus.

Bagaimana?

6 comments on “Perlukah PPn.BM atas Kendaraan Bermotor dinaikkan?

  1. Setuju Pak!!
    Pajak sebagai fungsi Regulerent juga harus berperan dalam hal lingkungan hidup, salah satunya dengan cara tersebut. Kalau bisa bukan hanya PPnBM-nya saja yang diturunkan namun juga Bea Masuk-nya juga, karena kebanyakan kendaraan ramah lingkungan diproduksi di negara lain (harus diimpor).

  2. seeeetuuuujuuuu…….buuuaaaangeeetttt!!!!
    Kalau enggak salah dulu Indonesia bisa sendiri membuat bahan bakar untuk kendaraan bermotor yg bukan dari minyak bumi. Tapi saya lupa apa namanya. Selain itu yang diproduksi cuma sedikit karena terbatasnya biaya. Saya mengusulkan bagaimana kalau PPnBM dari penjualan kendaraan bermotor yg berBBM tidak ramah lingkungan dialokasikan ke dana produksi BBM ramah lingkungan. Lumayan, selain menghemat minyak bumi, kita juga dapat memproduksi BBM ramah lingkungan sehingga semua masyarakat dapat menggunakannya dan tingkat polusi juga menurun.

  3. Kebijakan publik yang “Oke deh” pro lingkungan, tetapi efeknya apakah memungkinkan masyarakat lebih memilih bersepeda ria ketimbang kendaraan bermotor? Kalau memang iya “Dasyat-deh”

    Hidup sehat, kuat bangsaku!

  4. menurut saya menaikkan atau menurunkan PPnBM merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan tingginya tingkat polusi…namun perlu dilakukan hal2 lain yang tidak kalah pentingnya dalam mengatasi polusi udara yang sudah mencapai titik yang sangat tinggi

  5. Sebenarnya banyak alternative yang dapat diambil untuk menurunkan dampak pemanasan global.
    Let’s say: 1# peremajaan kendaraan yang usianya sudah >10 tahun (lebih spesifik mungkin pembatasan atau pelarangan). 2# Penggunaan standar emisi euro 2 terhadap kendaraan-kendaraan impor atau produksi dalam negeri. #3 Percepat pembangunan transportasi massal (subway atau monorail) 4# dll.
    Adapun alternative menaikan tarif PPnBM rasanya harus dipikirkan kembali dampaknya selain dari segi ekologis dan penurunan tingkat konsumsi masyarakat.
    Contohnya dampak terhadap industri otomotif yang notebene adalah industri padat modal, yang dengan ditingkatkannya tarif PPnBM akan secara langsung menghantam sektor ini. Pastinya industri otomotif akan turun, tingkat pengangguran akan semakin tinggi, investor-investor yang sudah ada selama ini akan menarik kembali investasinya.
    Regards.

  6. nurut aja deh…..hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: